Apakah Gelembung Luka Bakar Boleh Dipecahkan

Apakah Gelembung Luka Bakar Boleh Dipecahkan

Apakah Gelembung Luka Bakar Boleh Dipecahkan

Apakah Gelembung Luka Bakar Boleh Dipecahkan

Terkena cipratan air panas, terbakar oleh api ataupun menyentuh benda-benda yang amat panas dan menjadikan kulit melepuh, merupakan suatu kondisi yang dinamakan dengan luka bakar. Ini merupakan hal yang paling umum terjadi, sebab siapapun dapat mengalaminya. Baik itu anak-anak ataupun orang dewasa sekalipun.

Kecelakaan ini dapat menjadikan kulit mengalami rasa sakit, bahkan banyak diantara mereka yang memerlukan penanganan serius, karena mengalami kerusakan kulit yang parah. Akibatnya, sel-sel kulit menjadi menjadi mati dan menyebabkan anda memiliki luka bakar yang menghitam dan bisa cukup susah untuk dihilangkan. Pada kasus luka bakar yang masih ringan, umumnya mereka hanya mendapati gelembung yang tumbuh di kulitnya. Namun pada kasus yang parah, bukan hanya gelembung yang menjadi permasalahan, namun seluruh kulit yang mengalami cedera.

Jika anda memiliki keduanya, maka anda harus berhati-hati dan jangan sembarangan memecahkan gelembung! Sebab hal tersebut hanya akan meningkatkan resiko infeksi dan membuat luka di kulit susah untuk dihilangkan. Sebab cedera yang seperti ini perlu perawatan yang hati-hati dan tidak gegabah. Sebab sekali anda salah melangkah, maka akan fatal akibatnya. Ini dikarenakan kulit memiliki sifat sensitif, sehingga anda harus mengikuti petunjuk yang dianjurkan oleh medis. (Apakah Gelembung Luka Bakar Boleh Dipecahkan)

Jika lukanya hanya sedikit, bolehkah saya memecahkan gelembung tersebut?

Ada beberapa pendapat yang membolehkan dan melarang seseorang dengan luka bakar untuk melakukan ini. Menurut web.md, jika luka bakar tidak parah dan hanya satu bagian yang terkena, maka anda bisa memecahkannya dengan menggunakan jarum. Namun jarum yang anda gunakan disini ialah jarum yang steril, baru, tidak berkarat dan telah dibersihkan dengan alkohol.

Jika anda mengenakan jarum yang kotor atau tidak bersih, maka dikhawatirkan jarum tersebut ditempeli bakteri dan kuman, sehingga menyebabkan luka semakin lama disembuhkan. Sebelum memecahkannya, anda harus mengamati terlebih dahulu! Jika luka lepuhan berwarna putih ke kuning-kuningan, maka anda tidak boleh memecahkannya! Sebab warna yang kuning tersebut merupakan nanah, yang harus disembuhkan dengan hati-hati. Sebab jika gelembung yang bernanah tersebut pecah, dikhawatirkan mengembangkan luka yang lebih luas lagi.

Namun jika gelembungnya masih baru atau berisi air, anda dapat mengoleskan krim ataupun antibiotik secara langsung, segera setelah gelembung dipecahkan.

Cara merawat kulit setelah gelembung dipecahkan

Jika anda memecahkannya, anda tetap harus menjaga kesehatannya. Sebagai contoh, jika anda memiliki luka dibagian tangan, maka hindari aktivitas mencuci piring terlebih dahulu. Sebab kandungan sabun serta kotoran-kotoran sisa dari makanan dapat mempengaruhi penyembuhan dan memicu luka basah lebih lama. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan lain yang membuat anda harus membersihkan sesuatu yang kotor.

Selain itu, jika luka bakar yang gelembungnya telah dipecahkan berada dilokasi yang tertutupi seperti betis atau lengan, anda dapat menutupnya denga kain kasa sebelum ditutupi oleh baju. Hal ini berguna dalam mencegah gesekan, agar kulit tidak terluka dan tidak terlalu sakit ketika terjadi gesekan. (Apakah Gelembung Luka Bakar Boleh Dipecahkan)

Hal lain yang perlu diperhatikan saat merawat luka bakar ialah, anda harus menghindari luka dari serangan panas. Baik itu dari kompor ataupun sinar matahari. Luka anda benar-benar harus terlindung. Ini dikarenakan kulit yang telah melepuh menjadi lebih sakit, apabila terkena panas secara langsung. Bukan itu saja, anda harus memperhatikan pakaian yang anda kenakan. Pastikan untuk mengenakan baju atau celana berbahan katun. Sebab hal ini akan mengindari anda dari gesekan dan memberikan kenyamanan pada bagian yang terkena lepuhan atau gelembung luka bakar.

Jika selama proses penyembuhan anda mengalami gejala-gejala yang tidak biasa, maka anda harus berhati-hati, sebab bisa jadi luka yang anda pecahkan itu terinfeksi!

Ciri-ciri infeksi yang harus diketahui

Infeksi bisa terjadi karena ada bakteri yang masuk kedalam kulit anda. Biasanya ini terjadi karena seseorang tidak benar-benar memperhatikan kebersihan kulit. Akibatnya lepuhan yang dipecahkan terinfeksi dan terus menerus dalam keadaaan basah. Dan berikut merupakan tanda-tanda jika anda sedang mengalami infeksi :

  • Luka terasa semakin sakit dan menjadi bau
  • Anda mengalami demam tinggi hingga mencapai 38 derjat celcius
  • Kulit anda mengembangkan tanda-tanda selulitis, dimana infeksi bakteri mengakibatkan kulit bengkak dan terasa hangat

Ketika ini terjadi, anda benar-benar membutuhkan pertolongan medis, agar infeksi bisa terobati. Jika anda memiliki obat-obat antibiotik dan penurun demam, anda bisa menggunakannya sementara, sebelum diberi resep baru oleh pihak medis.

Anda tidak boleh mengabaikan gejala diatas, sebab infeksi yang parah dapat menyebarkan racun dalam aliran darah. Akibatnya, tubuh mengalami shock dan dapat berkibat fatal jika telat diobati. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda tidak melakukannya secara gegabah dan selalu mengkonsultasikan ini dengan dokter terlebih dahulu sebelum luka bergelembung di pecahkan.

Sekian dari kami, semoga informasi seputar kesehatan ini membantu anda 🙂

Post by : www.terapihisprung.web.id

 

bula luka bakar dipecahkan
bolehkah memecahkan gelembung luka bakar
cara memecahkan gelembung luka bakar
cara menghilangkan gelembung luka bakar
apakah luka bakar boleh kena air
mengobati luka bakar yang menggelembung
luka bakar boleh mandi atau tidak
kenapa luka bakar berair

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *